• September 23, 2021
  • Imam Pramana
  • 0

Di dalam komponen mesin kendaraan, filter udara berperan dalam proses penyuplaian oksigen yang dibutuhkan dapur pacu, hal ini berarti komponen tersebut memiliki fungsi yang cukup vital.
Dalam proses pembakaran di dapur pacu mesin kendaraan, filter udara menyaring partikel udara yang kotor, sehingga udara yang masuk ke dapur pacu terbebas dari debu dan kotoran yang dapat menghambat proses pembakaran.
Jika udara yang masuk ke dapur pacu lebih bersih, maka dapat dipastikan peforma kendaraan akan semakin bertenaga, serta tidak membuat mesin menjadi lebih cepat panas.

Namun hal berbeda akan terjadi jika kondisi udara yang masuk ke dapur pacu dalam keadaan kotor, mesin menjadi tidak bertenaga, serta mesin kendaraan menjadi cepat panas.
Hal ini umumnya terjadi apabila kondisi filter udara sudah kotor akibat kotoran atau debu halus yang menumpuk dipermukaannya. Hal ini akan membuat aliran udara yang bergerak menuju dapur pacu menjadi tidak lancar.
Masalah ini tidak hanya membuat mesin menjadi tidak bertenaga, namun hal ini juga yang menjadi penyebab bahan bakar kendaraan (BBM) kita menjadi boros.

Untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan di atas, maka langkah yang harus ditempuh adalah dengan membersihkan sistem filter udara pada kendaraan.
Namun tidak serumit seperti saat kita hendak membersihkan komponen mesin, membersihkan sistem filter udara tak perlu harus membawa kendaraan kita ke bengkel, kita bisa membersihkan filter udara kendaraan kita sendiri di rumah.

Nah, bagi anda yang belum tahu bagaimana cara membersihkan filter udara kendaraan yang baik dan benar, berikut artikel ini akan memberikan penjelasan singkat mengenai cara membersihkan sistem filter udara pada kendaraan:

  1. Membersihkan Filter Udara yang Berbahan Karton

Jika jenis filter udara pada kendaraan anda berbahan dasar karton atau kertas, maka cara yang tepat untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan kompresor bertekanan udara yang ditembakan ke komponen katron atau kertas tersebut.
Cara tersebut akan membuat debu dan kotoran yang menempel pada permukaan filter akan akan rontok. Lamgkah ini dilakukan oleh karena filter tersebut berbahan dasar kertas, yang apabila anda membersihkannya dengan menggunakan media air, tentu hal itu akan menyebabkan kerusakan pada filter tersebut.

  1. Membersihkan Filter Udara yang Berbahan Spons

Untuk membersihkan filter udara kendaraan yang berbahan dasar spons, maka anda bisa membersihkannya dengan media air.
Caranya pun sangatlah mudah, anda hanya perlu mencucinya dengan air yang telah dicampur dengan larutan sabun.
Setelah itu keringkan filter tersebut dengan cara dianginanginkan ataupun dengan cara dijemur.

  1. Membersihkan Filter Udara yang Berbahan Kain

Cara membersihkan filter udara kendaraan berbahan kain, caranya hampir sama dengan yang dilakukan saat membersihkan filter dengan bahan spons.
Namun khusus pada filter jenis ini, anda juga dapat menggunakan larutan oil khusus yang bisa digunakan untuk cleaner dan degreaser debu dan kotoran yang melekat pada permukaan filter udara.
Setelah proses itu selesai, anda dapat mengeringkannya dengan cara menyemprotnya dengan menggunakan kompreson udara bertekanan tinggi.

Baca Juga: Lampu indikator check engine menyala? Jangan panik dulu, mungkin ini penyebabnya!

Tips atau Cara Membersihkan Filter Udara Kendaraan
Langkah pertama, bukalah box penutup udara terlebih dahulu untuk mengeluarkan elemen atau bahan filter udara kendaraan tersebut.
Langkah kedua, mulai bersihkan bahan filter sesuai dengan cara dan bahan dasar dari jenis filter udara tersebut.
Langkah ketiga, keringkan, lalu pasang kembali ke tempat semula dan jangan lupa untuk kembali memasang penutup dari filter udara.

Filter udara umumnya harus dibersihkan setiap kali kendaraan kita telah menempuh jarak 1000 Km, dan harus sudah diganti saat sudah mencapai jarak tempuh 5000 Km. Namun jika medan jalan yang anda tempuh menggunakan terbilang berat atau ekstrim, maka akan lebih baik lagi jika anda lebih sering membersihkan sistem filter udara pada kendaraan anda.

Author : Imam Pramana
Editor : Abdul Rohmat Sigit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *