• September 16, 2021
  • Imam Pramana
  • 2

Sering kali lampu indikator Check Engine di dashboard menyala saat kita berkendara.

Perlu diketahui lampu indikator yang kerap kali berkedip pada saat mengemudi, faktornya bisa saja dikarenakan soket yang kendor atau tidak terpasang rapih, bisa juga karena kemasukan air, karena terjadi kebocoran pada bagian radiator, atau karena faktor-faktor lainnya.

Baca Juga: Jangan salah pilih! Inilah beberapa cara memilih oli mesin yang benar

Mengutip dari laman Otopedia (13/09/2021), ada 5 faktor penyebab lampu indikator Check Engine menyala, berikut rincian lengkapnya di bawah ini:

  1. Filter Udara Kotor atau Rusak
    Apabila sistem filter udara ini mengalami gangguan karena sudah terlalu kotor atau habis masa pakainya, tentu hal ini akan sangat menghambat suplai udara yang masuk ke ruang pembakaran mesin. Hal inilah yang menyebabkan Mass Airflow Sensor rusak, dan rusaknya komponen tersebut akan memicu menyalanya lampu indikator Check Engine.

  2. Sensor Oksigen Rusak
    Penyebab lain lampu indikator check engine menyala pada saat kita berkendara adalah rusaknya sistem Sensor Oksigen pada kendaraan. Komponen Sensor Oksigen ini memiliki fungsi untuk memonitor jumlah kandungan Oksigen dan menentukan presentase banyaknya bahan bakar yang terbakar. Jika sistem Sensor Oksigen ini tidak bekerja atau mengalami kerusakan, maka hal ini dapat menggangu kinerja mesin, atau bahkan merusak Catalytic Converter.

  3. Catalytic Converter
    Perlu bagi kita untuk memperhatikan kinerja dari sistem Catalytic Converter pada kendaraan agar tidak menimbulkan munculnya lampu indikator Check Engine pada saat kita berkendara.

  4. Tutup Tank BBM yang Tak Tertutup Rapat
    Tutup tank BBM yang terbuka atau tidak tertutup rapat akan dibaca pada sensor ECU dan dianggap sebagai potensi bahaya. Kejadian seperti ini bisa menyebabkan lampu indikator Check Engine pada kendaraan menyala.

  5. Kondisi Aki dan Pengapian Mesin
    Tidak ada salahnya ketika lampu indikator Check Engine menyala, anda melakukan pemeriksaan kondisi aki, caranya yaitu dengan mencabut kabel konektor dengan massa negatif pada Aki kendaraan kita, lalu tunggu selama beberapa detik. lalu, pasangkan kembali kabel konektor negatif pada kutubnya.

Itulah beberapa faktor penyebab menyalanya lampu indikator lampu Check Engine, semoga artikel ini bermanfaat.

Penulis : Imam Pramana
Editor : Abdul Rohmat Sigit

2 comments on “Lampu indikator check engine menyala? Jangan panik dulu, mungkin ini penyebabnya!

  1. Mudah-mudahan website ini bisa lebih kreatif dan produktif dalam menyampaikan informasi, dari berbagai sumber yg valid dan up to date.

    1. Terima kasih banyak atas support yang diberikan.
      Kami akan berusaha semaksimal mungkin dalam memberi pelayanan kepada konsumen, termasuk didalamnya memberikan pemahaman seputar informasi otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *